Friday, March 15, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Pada kesempatan hari saya akan menceritakan pengalaman saya mengenai mengenai hari ke lima  IT Volunteer di SMP N 3 Mojosongo.

Latar Belakang :
Pada kegiatan IT Volunteer di SMPN 3 Mojosongo ini semoga sekolahan tersebut menjadi sekolah yang berbasis IT sehingga sekolahan tersebut juga bisa lebih maju dan berkembang mengenai IT nya khusunya untuk dibidang pendidikannya.

Pengertian :
SMPN 3 Mojosngo merupakan salah satu sekolah yang didirikan tentara pelajar yang dimana tentara pelajar tersebut dikenal dengan nama SA/CSA dengan logo burung garuda tegak. SMP N 3 Mojosngo ini  terletak di desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Maksud dan Tujuan :
Memberikan wawasan pengetahuan kepada seluruh warga SMP N 3 Mojosongo mengenai komputer dan dunia IT.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu mengetahui dan bisa mengoperasikan komputer sesuai dengan yang diharapkan.

Alat dan Bahan :
Laptop/PC.
LCD Proyektor.
Koneksi Internet.

Waktu Kegiatan :
Hari : Jumat
TGL : 15 Maret 2019.


Pembahasan :

Pada hari kelima tepatnya hari jumat tanggal 15 maret 2019, seperti rutinitas biasa kami bangun pagi-pagi untuk sholat subuh dan setelah itu kami bersiap-siap untuk sarapan pagi di tempat mas juli. Setelah sarapan pagi kami pun pergi ke ruang guru untuk persiapan jalan santai, sebelum jalan santai semua siswa dikumpulkan di lapangan untuk melakukan yel dan setelah yel menyanyikan lagu indonesia raya. Pada jalan santai hari itu rute yang dilewati menuju alun-alun lor boyolali yang berjarak kurang lebih 1,5 km dari Smpn 3 Mojosongo. Di alun-alun lor Boyolali tersebut masih proses pembangunan, di alun-alun tersebut terdapat bangunaan miniatur candi borobudur, masjid taj mahal,piramida, dan patung sphinx.

Pada waktu itu kami juga berfoto bersama dengan bapak ibu di alun-alun lor untuk kenang-kenangan selain foto dengan bapak ibu guru kami juga melakukan foto selfi dengan tim kami. Setelah usai menghilangkan rasa capek dengan berfoto-foto riang kami pun kembali ke Smpn 3 Mojosongo, sesampai di Smpn 3 Mojosongo kami langsung ganti baju dan setelah ganti baju maka kami kembali ke kantor untuk memberikan edukasi kepada bapak ibu guru berhubung saya dan sukma mempunyai tanggung jawab untuk membimbing siswa yang persiapan FLS (Festival Literasi Sekolah) desain poster wisata. Selanjutnya saya dan sukma memberikan contoh cara membuat desain poster dari google dan buatan saya dan sukma sendiri. Sehingga siswanya itu pun tahu bagaimana proses awal pembuatan poster cara komposisi, pencahayaan, pemilihan font,pemberian warna maupun efek-efek pada tulisan di aplikasi corel draw. Selain di corel draw kami juga memberikan pengenalan dasar mengenai tools aplikasi photoshop dan setelah memahami toolsnya langsung mempraktekkan seperti membuat desain poster wisata boyolali. Pada saat itu jam pun detik demi detik berjalan sehingga bel pun pulang berbunyi dan tanda sudah memasuki waktu siang sehingga sudah waktunya memasuki waktu sholat jum’at. Kami pun yang laki-laki bergegas untuk pergi ke masjid sekolah untuk melakukan sholat jum’at, sehabis melakukan sholat kami pun makan siang bersama di tempatnya mas juli. Kemudian setelah makan siang kami juga ada tanggung jawab mengenai siswa-siswi yang ikut tambahan, pada hari itu yang ikut tambahan 11 anak.

Pada tambahan saat itu kami memberikan materi tentang desain dengan aplikasi inkscape, dengan aplikasi inkscape tersebut kami menjelaskan toolsnya dan memberi contoh untuk membuat stiker dari aplikasi inkscape itu lalu setelah dijelaskan dan diberi contoh siswa siswi pun diberi tugas untuk mendesain stiker sesuai hasil kreatifitas masing-masing individu siswa untuk di cetak desainnya. Waktu tidak terasa begitu cepatnya berjalan sehingga lupa kalau jam sudah memasuki jam 16.00 wib dan itu pun waktunya pulang dengan penuh semangatnya anak-anak yang ikut tambahan yang seharusnya itu jam 16.00 wib udah pulang maka pulangnnya molor 15 menit sehingga pulang pada pukul 16.15 wib. Berhubung adek-adek smp setelah pulang maka kami juga bergegas ke kamar untuk istirahat. Malamnya pun kami juga melakukan rutinitas seperti biasa yaitu sholat isya sehabis sholat isya dilanjut untuk briving malam tetapi saya dan wahid pun di minta Ibu Heni untuk mengajari cara membuat email, mendownload video dari youtube,membuat power point dan lainnya sampai pukul 21.30 wib, sehabis mengajari Bu Heni saya dan wahid pun dibelikan makan malam dengan menu nasi goreng mawut. Setelah habis makan pun kami disuruh untuk kembali ke kamar untuk istirahat tidur.

Dokumentasinya :






Temuan Masalah :
Banyak bapak/ibu guru SMPN 3 Mojosongo yang masih takut untuk mengoperasikan komputernya masing-masing, selain bapak/ibu guru juga siswa-siswinya belum mengenal komputer.

Kesimpulan :
Jadi dengan adanya IT Volunteer ini dapat membantu pihak SMPN 3 Mojosongo tersebut menjadi ekolah berbasis IT, selain itu juga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman saya di dunia nyata. Ternyata belajar diatas meja lebih mudah dari pada terjun di dunia nyata.

Referensi :
Diri Sendiri.

Penutup :
Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan hari ini semoga ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Terima Kasih.
Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers