Thursday, April 11, 2019


Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Hai teman-teman berjumpa lagi di blog saya,semoga teman-teman masih setia mengunjungi dan menyimak blog saya ini. Kali ini saya akan membahas materi tentang bagaimana cara blok situs dengan web proxy mikrotik, langsung saja simak berikut ini.

Latar Belakang :
Dalam melakukan blok situs dengan web proxy ini sebab agar kita maupun orang tidak bisa sembarangan dapat mengakses situs-situs yang kurang bermanfaat.


Pengertian :
Proxy merupakan sebuah aplikasi yang menjadi perantara antara client dan server,sehingga client tidak akan bisa berhubungan langsung dengan server-server yang ada di internet.

Maksud dan Tujuan :
Dapat memahami dan bisa melakukan cara blokir situs melalui web proxy pada mikrotik.


Hasil yang Diharapkan :
Mampu mengeblok situs dengan menggunkan web proxy pada mikrotik.

Alat dan Bahan :
Laptop
Mikrotik
Kabel UTP
Koneksi Internet


Waktu Kegiatan :
Hari : Kamis
TGL : 11 April 2019


Pembahasan :


Pada blokir situs dengan web proxy ini saya mengambil contoh blok situs "lazada.com", bukan bermaksud apa-apa saya mengambil contoh blok situs ini tapi hanyalah sebagai contoh untuk kita belajar blok situs-situs yang lainnya, berikut tampilan sebelum saya blokir.


1. Langkah pertama kita masuk pada menu ip kemudian kita klik pilih web proxy dan pada menu web proxy setting kita beri centang pada bagian enable dan pastikan pada port sudah terisi 8080 lalu klik apply, kemudian kita klik access untuk menambahkan situs yang ingin kita blokir.
 

2. Langkah kedua setelah kita klik access maka akan muncul tampilan web proxy access lalu ki tambah (+) nanti juga akan muncul tampilan Web Proxy Rule. Pada menu dst port isikan 80, pada dst.host letakkan alamat yang akan kalian blokir, misal disini saya menggunkan "lazada.com" tidak lupa pada opsi action kita pilih "deny".


3. Langkah ketiga kita masuk di menu IP lalu pilih Firewall, nah akan muncul tampilan Firewall di tampilan ini kita pilih di menu NAT lalu kita tambah (+).


4. Pada langkah keempat ini setalh kita klik tambah sekarang kita pindah pada menu general lalu setting "chain dengan dstnat", pada protokol pilih "6(tcp)" dan pada "dst.port kita isikan 80".


Selanjutnya kita pindah ke tab menu action, pada action kita pilih "redirect" dan pada to port ki isikan "8080" lalu kita klik Apply dan Ok.


5. Langkah terakhir waktunya menguji apakah tadi bisa apa tidak, sekarang kita tuliskan alamat yang kalian blok tadi ke browser kalian. Jika ini berhasil maka akan tampil seperti berikut "ERROR : Forbidden".


Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi dengan adanya blok situs menggunakan web proxy kita dapat mengeblok situs-situs yang sekira kurang bermanfaat bagi kita maupun orang lain.


Referensi :
Modul Mikrotik MTCNA

Penutup :
Oke teman-teman itu saja dari saya semoga dengan pembahasan materi pada kesempatan kali dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassamu'alaikum Wr.Wb 



0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers