Wednesday, April 10, 2019


Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Hai sobat setia blog Mahfud Andriyan, gimana kabarnya? pastinya baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan materi mengenai tentang cara redirect situs lewat web proxy di mikrotik, langsung saja simak ya sobat.

Latar Belakang :
Pada redirect situs ini karena zaman sekarang banyak situs-situs yang kurang bermutu maka dengan adanya redirect ini kita bisa mengalihkan situs-situs yang kurang bermutu itu ke situs yang lebih bermutu dan bermanfaat.


Pengertian :
Proxy merupakan sebuah aplikasi yang menjadi perantara antara client dan server,sehingga client tidak akan bisa berhubungan langsung dengan server-server yang ada di internet. Mikrotik memiliki fitur web proxy yang dapat digunakan sebagai server yang nantinya bisa menjadi perantara browser user dengan web server yang ada di internet.

Maksud dan Tujuan :
Agar memahami dan mengetahui cara kerja web proxy

Hasil yang Diharapkan :
Mampu mendirect atau mengalihkan situs satu ke situs yang lainnya.

Alat dan Bahan :
Laptop
Mikrotik
Kabel UTP
Koneksi Internet

Waktu Kegiatan :
Hari : Rabu
TGL : 10 April 2019


Pembahasan :


1. Langkah pertama kita masuk pada menu ip kemudian kita klik pilih web proxy dan pada menu web proxy setting kita beri centang pada bagian enable lalu klik apply.

Selanjutnya masih di menu web proxy maka kita pilih menu "Access".


2. Langkah kedua setelah kita klik access maka akan muncul tampilan "web proxy access" kemudian kita pilih tambah (+) lalu isikan "Dst Port" dengan 80,isikan "Dst Host" dengan situs yang ingin kita alihkan ke situs kita maupun situs lainnya, kali ini saya mengambil contoh situs yang akan saya belokan yaitu "detik.com" dalam mengambil contoh ini saya bukan bermaksud apa-apa namun hanya sekedar memberikan contoh redirect dengan web proxy ini. Tidak lupa kita juga ganti Action menjadi "Denny" dan isikan "Redirect To" dengan situs yang ingin di redirect, dalam redirect yang dituju ini saya mengambil contoh dengan saya isi nama blog saya kemudian baru kita "Apply lalu Ok".


3. Langkah ketiga kita masuk di menu IP kemudian pilih Firewall maka akan muncul tampilan menu firewall kita klik menu NAT itu dan kita tambah dengan mengeklik tanda (+).


4. Langkah keempat ini setelah kita klik tambah tadi lalu akan muncul tampilan New NAT Rule, setelah muncul menu tersebut kita klik menu "General" kemudian isikan "Chain dengan dstnat", "Protokol dengan 6 (tcp), "Dst Port dengan 80" dan tidak lupa isikan "In Interface dengan interface yang terhubung ke laptop kalian" setalah itu tadi baru kita Apply dahulu.


 Setelah kita apply maka kita harus berpindah ke tab menu "Action" di dalam menu action kita pilih " actionnya dengan redirect" dan tidak lupa isikan  "To Port dengan 8080" baru kita Apply lagi dan klik Ok.


5. Langkah kelima atau langkah terakhir saat kita mengecek menggunkan browser kalian dan kita ketikkan situs yang kalian redirect tadi dan hasilnya akan menuju ke situs yang kalian inginkan, seperti berikut.


Temuan Masalah :
Mencoba blokir youtube tapi tidak bisa karena web proxy hanya bisa support pada protokol http yaitu port 80, sedangkan youtube menggunkan port 443.


Kesimpulan :
Jadi kita bisa memfilter jaringan kita dari situs-situs yang kurang bermutu.

Referensi :
Modul Mikrotik MTCNA


Penutup :
Baiklah sobat itu saja materi pembahasan pada kesempatan kali ini, semoga dengan adanya materi ini kita lebih tahu dan dapat bermanfaat bagi kita semua.
Terima kasih.

Wassamu'alaikum Wr.Wb 



0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers